Rabu, 15 April 2015

Adab Orang Tua Terhadap Anaknya

-----------------------------------------------
Hikmah Kajian
Ustadz Syafiq Riza Basalamah, M.A
@rodjatv, 
-----------------------------------------------
 

Sayangi anak2 kita, cium mereka, karena kalau kita tidak menyayangi mereka, maka kita pun tidak akan Allah rahmati.

Abu Hurairah –semoga Allah meridhoinya- berkata:

قَبَّلَ النَّبِىّ صلى الله عليه وسلم الْحَسَنَ بْنَ عَلِىٍّ ، وَعِنْدَهُ الأقْرَعُ بْنُ حَابِسٍ التَّمِيمِىُّ جَالِسًا ، فَقَالَ الأقْرَعُ : إِنَّ لِى عَشَرَةً مِنَ الْوَلَدِ مَا قَبَّلْتُ مِنْهُمْ أَحَدًا ، فَنَظَرَ إِلَيْهِ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم، ثُمَّ قَالَ : مَنْ لا يَرْحَمُ لا يُرْحَمُ

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mencium Al-Hasan bin 'Ali, dan di sisi Nabi ada Al-Aqro' bin Haabis At-Tamimiy yang sedang duduk.
Maka Al-Aqro' berkata, "Aku punya 10 orang anak, tidak seorangpun dari mereka yang pernah kucium".

Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallampun melihat kepada Al-'Aqro' lalu beliau berkata, "Barangsiapa yang tidak merahmati/menyayangi maka ia tidak akan dirahmati"
(HR Al-Bukhari no 5997 dan Muslim no 2318)

Padahal RAHMAT Allah itu AMATLAH LUAS, bayangkan... SELURUH KASIH SAYANG YANG BISA TERJADI DI DUNIA INI, DI ANTARA MANUSIA, HEWAN, TUMBUH2AN, BAHKAN TERMASUK KALANGAN JIN, ITU KARENA SATU RAHMAT SAJA DARI 100 RAHMAT ALLAH.

إن لله مائة رحمة أنزل منها رحمة واحدة بين الجن والإنس والبهائم والهوام، فيها يتعاطفون، وبها يتراحمون، وبها تعطف الوحش على ولدها، وأخر الله تسعا وتسعين رحمة يرحم بها عباده يوم القيامة

“Sesungguhnya Allah memiliki 100 RAHMAT. Salah SATU di antaranya diturunkannya kepada kaum jin, manusia, hewan, dan tetumbuhan. Dengan rahmat itulah mereka saling berbelas kasih dan menyayangi. Dengannya pula binatang liar mengasihi anaknya. Dan Allah mengakhirkan 99 rahmat untuk Dia curahkan kepada hamba-hamba-Nya pada hari kiamat.”

(Muttafaq ‘alaih; dalam Shahih Bukhari no. 6104 dan Shahih Muslim no. 2725; lafal hadits ini dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu)

Allahualam...
Jika ada yang ingin menambahkan, mengurangi, apalagi koreksi, maka tentu dipersilakan, jazakumullahu khairan katsiran...
________________
Daftar acuan juga:
http://firanda.com/…/246-ternyata-mencium-anak-anak-mendata…-
http://muslimah.or.id/…/kasih-sayang-allah-kepada-hamba-nya…

Sumber : https://www.facebook.com/ummu.fahrianida/posts/975422175836195

Tidak ada komentar:

Posting Komentar