Selasa, 14 April 2015

Dahsyatnya sedekah wanita


Oleh:  Al ustadz Abu yahya badrussalam, Lc dan Ustadz Maududi Abdullah, Lc

(1 april 2015)
1. Harta merupakan fitnah terbesar bagi umat islam , sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits bahwa Rasulullah bersabda: " Setiap umat memiliki fitnah masing-masing dan fitnah untuk umatku adalah maal / harta".
Dalam Al Qur'an disebutkan tentang ayat-ayat tentang harta sebagai pemberian dari Allah, antara lain dalam Al Qur'an surat At Taubah : 155 dan surat AL A'raf : 32.
2. Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim, ketika khutbah ied, Nabi berkhutbah dan menasehati para wanita: " wahai sekalian wanita bersedekahlah, sesungguhnya aku melihat kebanyakan penduduk neraka adalah dr kalian para wanita.
3. Ibnul Qoyyim dalam kitab miftah darussa'adah tentang perbandingan ilmu dan harta.
Allah memuji orang-orang yang mencari ilmu, memuji orang-orang yang ilmu mengalir dalam jiwa mereka, serta allah memuji orang-orang yang mengajarkan ilmu .
Akan tetapi Orang-orang yang mencari dan menyimpan harta Allah tidak memuji mereka, mereka dipuji Allah ketika mereka menginfaqkan hartanya di jalan Allah.
4. Shodaqoh ( صدقة) berasal dari kata shodaqa ( صدق) yang artiya jujur. الصدقة برهان sedekah adalah sebagai bukti keimanan hamba. Orang yang bersedekah telah membuktikan kejujurannya pada Allah.
5. Sedekah dapat berupa harta maupun selain harta. Yang selain harta contohnya adalah ucapan-ucapan kebaikan.
Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda: " Sesungguhnya setiap harinya ada 360 sendi manusia yang harus dipenuhi sedekahnya. Ucspan subhanallah, wal hamdulillah, allahu akbar adalah bernilai sedekah di sisi Allah.
Dalam hadits lain Rasulullah juga bersabda : "Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, menyuruh pada kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan hubungan intim kalian ( dengan istri) adalah sedekah."
6. Dalam hadits Rasulullah yg beliau sampaikan ketika khutbah ied tentang nasehat bagi para wanita , harus diimani karena rasulullah adalah manusia terbaik dan terpandaai dlm menyampaikan nasehat dan manusia yg oaling memperhatikan kaum wanita.
Nasehat beliau adalah tamda kasih sayamg beliau pd kaum wanita dan agar wanita berhati-hati.
7.Wanita kurang akalnya: yang dimaksud disini adalah wanita lebih banyak dikuasai perasaannya daripada akalnya ( perasaan lebih mendominasi dari pada akal).akan tetapi laki-laki akal lebih mendominasi daripada perasaannya . dan ini adalah sebuah perpaduan yang seimbang dimana laki-laki sebagai pemimpin yang berhadapan dengan dunia yang keras sedang perempuan tugasnya dirumah mengurus anak-anaknya dan ini dibutuhkan perasaan dan rasa kasih sayang yang besar. Ini adalah keadilan yang Allah berikan.
8. Wanita kurang agamanya: yaitu kurang kualitas ibadahnya dibandingkan dengan laki-laki disaat dia mendapat haidh, dia tidak sholat dan tidak berpuasa, sehingga ketika ini kualitas ibadah laki-laki lebih unggul.
9. Wanita yang kurang agama dan kurang akalnya penyebab mereka masuk ke neraka?
Jawabannya tidak. Wanita bisa tergelincir masuk ke dlm neraka ketika wanita lebih mendahulukan perasaannya daripada syariat Allah dan Rasul-Nya. Sehingga wanita tersebut terjerumus dalam perangkap syetan dn akhirnya menyebabkan dia masuk ke dalam neraka.
Contoh perbuatan yang mendahulukan perasaan dari pada syariat adalah kufur pada suami.
10. Beberapa penyebab wanita banyak masuk neraka:
@. Mereka kufur pada suami mereka.
Mereka kufur pada suaminya, padahal
Suaminya telah berbuat baik padanya, jika ia melihat sedikit sesuatu yang
Ia tidak sukai dari suaminya ia berkata " aku tidak melihat sedikitpun
Kebaikan dari dirimu".
Padahal Rasulullah bersabda ketika menanyakan pada Asma, tentang posisi suaminya " Suamimu adalah surgamu atau nerakamu".
Suami adalah pemimpin tertinggi pada seorang istri, posisi suami lebih tinggi dari kedua orang tua istri.
@ penyebab kedua wanita banyak masuk ke dalam neraka adalah wanita suka melaknat.
Laknat adalah menjauhkan dari rahmat Allah. Laknat di sini bisa berupa kalimat atau sumpah serapah yang diucapkan untuk mendoakan keburukan dan mrnjauhkan dari rahmat Allah.
Inilah dua dosa besar wanita yang harus dihindari.
11. Rasulullah bersabda bahwa ada 4 jalan mudah bagi wanita untuk masuk ke dalam surga dari arah pintu manapun, 4 jalan tersebut adalah:
1. Apabila wanita sholat 5 waktu
2. Apabila wanita berpuasa dibulan ramadhan
3. Apabila wanita menjaga kemaluannya
4. Apabila wanita menaati suaminya, dan ini adalah yang tersulit untuk dikerjakan.
12. Beberapa keajaiban sedekah :
* meredakan kemurkaan Allah Ta'ala
Hendaklah mengeluarkan sedekah secara sembunyi-sembunyi, hal ini untuk ,menjaga keikhlasannya dan untuk menjaga dan memelihara kehormatan serta perasaan si miskin.
Rasulullah bersabda : صدقة السر تطفئ غضب الرب ( "sedekah secara sembunyi-sembunyi itu memadamkan kemarahan Rabb")
* sedekah dapat menjauhkan dari neraka
Rasulullah bersabda : ليتق احد كم وخهه من النار ولو بشق تمرة ( hendaklah kalian menjauhkan wajahnya dari neraka walaupun dengan menyedekahkan separuh buah kurma).
* sedekah menjadi penghalang dari kengerian melihat neraka
* sedekah dapat menjauhkan dari kematian yang buruk / suul khotimah
* sedekah dapat menghapuskan dosa ( seperti api yang membakar). Sedekah bagaikan air yang dapat memadamkan api.
* sedekah dapat menjadi naungan pada hari kiamat
* sedekah menjadi penyempurna dan pembuktian taubat
* sedekah adalah simpanan akhirat yang sangat berharga
13. Sedekah adalah sebagai burhan yaitu bukti keimanan seseorang yang ia lebih mencintai akherat dibanding dunia, ia lebih mengedepankan ridho Allah daripada harta dunia.
14. Keajaiban sedekah di dunia : dapat mengobati penyakit hati, Allah memberi ganti orang yang sedekah, menyembuhkan penyakit jasmani, tidak mengurangi harta.
15. Sedekah yang paling utama di sisi Allah adalah:
1. Sedekah yang dilandasi oleh keikhlasan dan keimanan,
2. Sedekah semakin besar pahalanya jk kita semakin butuh dengan harta tsb
3. Sedekah harus sesuai dengan anjuran rasulullah yi secara sembunyi-sembunyi.
Adapun diperbolehkan dilakukan secara jahr dengan syarat tetap dapat menjaga keikhlasan dan untuk memotivasi kaum muslimin yang lainnya.
4. Sedekah dari harta atau usaha yang halal sehingga diterima oleh alllah.
16. Hendaklah bersedekah dari harta sendiri.
Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar